Selasa, 22 September 2015

Indahnya Ukhuwah Islam



Indahnya ukhuwah Islam

 Mungkin ketika merantau ke negeri orang, kita akan sulit mendapatkan teman baru apalagi teman akrab. Namun ternyata semua itu tak sesulit yang kita bayangkan. Mendapatkan teman baru, teman baik dalam bingkai Islam itu mudah dan indah.

Allah swt. Berfirman :
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan ni’mat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni’mat Allah, orang-orang yang bersaudara. dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS Al Imran: 103)

Rasulullah pernah bersabda :
“ Tidak sempurna Iman seseorang sebelum ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sesama umat muslim itu adalah saudara guys, entah itu orang jawa, sunda, batak, betawi, atau bahkan bule (turis) meskipun berbeda warna kulit dan bahasa. Selama mereka muslim mereka adalah saudara kita. Bukankah Mayoritas penduduk Indonesia itu muslim, maka tak akan sulit kita mendapatkan teman. Hanya saja pemikiran-pemikiran umat Islam sekarang telah rusak. Memilih teman hanya berdasarkan asas manfaat, pemikiran Islam sudah berubah menjadi pemikiran sekulerisme ( memisahkan agama dari kehidupan). Maka dari itu kita merasa sulit mendapatkan teman.

Jadi kita harus berhati-hati dalam memilih teman, bertemanlah dengan seseorang yang dapat mendekatkan kamu pada- Nya. Dan ketika engkau telah menemukan teman yang seperti itu jangan kau lepaskan. Karena teman yang seperti itu adalah teman sejati, yang mencintai kita karena Allah, dan sulit didapatkan di zaman diktaktor seperti ini.

Namun apabila Islam telah menjadi pegangan dalam diri seseorang, maka nikmatnya Ukhuwah Islam telah dirasakannya, ketika ada yang mencacinya dia bersabar dan mendoakan orang tersebut, ketika ada yang menolongnya dia akan menyayanginya seperti saudara. Seandainya seluruh umat Islam di dunia ini telah berpemikiran yang sama yakni Islam, berperasaan yang sama yakni Islam, dan aturan yang diterapkannya adalah aturan Islam, maka Nikmat Ukhuwah Islam akan lebih terasa Indah.

By : Ana Dia Friska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulislah Tulisan Yang Menurut Anda Baik